Kecamatan Natar Gelar Road Show Proyek Cetak Generasi Unggul, Ini Yang Disampaikan Bunda Win!

Kecamatan Natar Gelar Road Show Proyek Cetak Generasi Unggul, Ini Yang Disampaikan Bunda Win!

Kecamatan Natar Gelar Road Show Proyek Cetak Generasi Unggul. Febi Herumanika Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.IDKecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung menggelar kegiatan Road show proyek cetak generasi unggul Lampung Selatan, audit kasus stunting semesta sebagai pertanggung jawaban upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting peningkatan serta kolaborasi dan sinergi lintas sektor dan peningkatan kader posyandu kesling PHBS, KPM, Genre, BKB, BKR, BKL, PKK, kader penggerak lainnya tahun 2014 di desa Krawang Sari, Jumat 21 Juni 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP- PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dalam kesempatan tersebut Bunda Win sapaan akrabnya mengatakan, tujuan dari kegiatan Road Show adalah untuk identifikasi penyebab dan resiko stunting pada kelompok sasaran melalui sinergi lintas sektor dan peningkatan kolaborasi kader untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul di kabupaten Lampung Selatan menuju generasi emas 2045.

" Sasaran kegiatan ini adalah anak, keluarga, masyarakat, kader dan pemerintah kecamatan dan desa se- kecamatan Natar," ujar Hj. Winarni dalam sambutannya.

Kata Winarni, untuk mewujudkan nol kasus stunting semua pihak harus berperan, harus diperhatikan sejak remaja, calon pengantin juga harus betul-betul diperhatikan oleh pihak puskesmas dan desa-desa hal tersebut untuk mencegah anak yang lahir tidak stunting dan mencegah kematian saat melahirkan.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Win juga meminta kepada semua pihak untuk tidak merokok sembarang tujuannya supaya keluarga tidak terpapar asap rokok terutama anak-anak.

" Keluarga di desa masih 78% terpapar asap rokok mohon di bantu untuk tidak merokok tidak pada tempatnya, supaya keluarga kita sehat, " kata Winarni.

" Tolong juga untuk UPT Puskesmas untuk menciptakan keluarga sehat tanpa asap rokok, yang menjadi duta dalam hal ini anak sekolah, jadi kepala UPT mohon dibimbing. Untuk Calon pengantin harus didampingi 3 bulan sebelum menikah supaya menghindari kematian saat melahirkan," jelasnya.

Tolong pak kades kalo ada yang mau mengurus NA harus didamping oleh posyandu atau bidan desa selaku unsur pendamping keluarga. Nanti dicek, kesehatannya, tinggi, HB, kalo sudah siap baru dikeluarkan surat pernyataan sehat.(*)

 

 

 

Sumber: