Tunjukan Kreativitas Seni-mu di “Selatan Festival” 2024

Tunjukan Kreativitas Seni-mu di “Selatan Festival” 2024

--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) bakal menghelat perlombaan seni bertajuk “Selatan Festival” yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 hingga 21 Juli 2024 di Pelataran Parkir GOR Way Handak Lampung Selatan. 

Ketua Harian DKLS Ponimin, SE mengatakan, event Selatan Festival merupakan program kegiatan DKLS tahun 2024 yang digagas oleh tiga komite seni yakni musik modern, tradisi, dan seni tari. 

“Event ini digelar, selain sebagai ajang temu karya dan silaturahmi para pelaku seni baik yang berdomisili di Lampung Selatan maupun luar Lampung, juga sekaligus sebagai salah satu wujud kontribusi DKLS dalam mengembangkan dunia seni dan budaya di Lampung Selatan,” ujar Ponimin kepada Radar Lamsel, Jumat (5/7).

Ponimin menuturkan, perkembangan seni dan budaya merupakan pondasi penting dalam pembangunan daerah. Menurutnya, gelaran event ini juga untuk mendorong para pelaku seni dalam menumbuhkembangan kreativitas berkesenian.

BACA JUGA:Terhempas Ombak, Nelayan di Kabupaten Pesisir Barat Dinyatakan Hilang

“Event festival ini merupakan ajang penting untuk memperlihatkan bakat, serta karya dan kreativitas masyarakat di bidang seni, khususnya para seniman muda, dan pelaku industri seni,” katanya.

Diungkapkannya, berjalanya program kerja Dewan Kesenian Lampung Selatan selama ini, tidak terlepas dari dukungan serta support yang diberikan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

“Pak bupati sangat mendukung sekali dan mendorong partisipasi aktif masyarakat, agar dapat berkontribusi nyata dalam menentukan arah seni, dan budaya dikabupaten ini (Lamsel, red),” ungkap Ponimin.

 

Sementara itu, Ketua Komite Musik Modern Zulfikar menjelaskan, dalam kegiatan event Selatan Festival 2024 ini akan ada tiga perlombaan seni, yaitu festival band, musik tradisi gitar tunggal, dan festival tari kreasi.

“Untuk festival band peserta membawakan 1 lagu ciptaan dan 1 lagu bebas, untuk gitar tunggal membawakan 1 lagu baik itu lagu ciptaan sendiri maupun lagu karya orang lain. Sedangkan untuk festival tari kreasi peserta akan menarikan 1 buah tari kreasi,” jelasnya.

Masih menurut Zulfikar, semua peserta yang mendaftar tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis, dan untuk waktu pendaftarannya dibuka sejak tanggal 1 Juli sampai dengan 19 Juli 2024.

“Tempat pendaftarannya di sekretariat DKLS tepatnya depan Kantor Dishub Lamsel. Sedangkan untuk technical meeting peserta akan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Juli 2024 di sekretariat DKLS,” pungkasnya.

Ayo tunggu apa lagi, segera daftar karena pesertanya terbatas, dan untuk para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa trophy dan cash monay. Khusus untuk festival band, bagi 5 group band terbaik akan dibuatkan album rekaman dan videoclip secara gratis. (*)

Sumber: