Usai Rembuk Stunting, Pemerintah Kecamatan Natar dan TPP Kemendes Cek Hasil Pekerjaan Desa Bandarejo

Usai Rembuk Stunting, Pemerintah Kecamatan Natar dan TPP Kemendes Cek Hasil Pekerjaan Desa Bandarejo

Pemerintah Kecamatan Natar bersama TPP Kemendes wilayah Natar melakukan monitoring hasil pekerjaan di desa Bandarejo kecamatan Natar. Febi Herumanika Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, bersama Pemerintah desa Bandarejo dan pendamping desa, melakukan pengecekan realisasi pembangunan jalan usaha tani yang dibangun oleh pemerintah desa menggunakan anggaran dana desa tahap pertama tahun 2024.

Selain mengecek hasil pembangunan jalan sabes program ketahanan pangan, pemerintah kecamatan juga melakukan monitoring terhadap pengadaan sapi di desa setempat.

Dua kegiatan itu dilakukan setelah acara rembuk Stunting di balai desa Bandarejo kecamatan Natar kabupaten Lampung Selatan, Senin 5 Agustus 2024.

" Hari ini kami melakukan monitoring realisasi pembangunan yang dilakukan pemerintah desa Bandarejo, kami juga melihat pembelian sapi program ketahanan pangan desa tersebut," ujar Edo Hansen, Kasi Ekonomi Pembangunan kecamatan Natar.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan pihaknya, kata Edo, semua kegiatan berjalan dengan bagus, saat dilakukan pengukuran jalan sabes juga sama dengan yang di SPJ kan.

" Untuk ketahanan pangan berupa pembelian sapi juga kami lihat sangat bagus, sapinya sehat dan gemuk-gemuk, semoga apa yang direncanakan desa-desa berjalan Seperi desa ini," ucap Edo Hansen.

Kepala Desa Bandarejo, Sularto menyambut baik langkah yang dilakukan pemerintah dengan melakukan monitoring hasil kerja seluruh desa di kecamatan ini.

" dengan dilakukannya monitoring seperti ini, kita bisa paham apa yang kurang dan akan dilakukan perbaikan. Monitoring ini juga bagus supaya program dan kegiatan desa-desa terpantau dengan dilakukannya pemantau semua desa bisa tahu kesalahan yang akan diperbaiki," ungkap Kepala Desa Bandarejo kecamatan Sularto.

Harapan besar pemerintah desa kepada pemerintah kecamatan dan kabupaten Lampung Selatan untuk selalu memantau semua kegiatan.

" Kalau dipantau Seperi ini kan enak, kami selaku pelaksana di desa tahu mana yang harus diperbaiki kalau pun ada yang salah." Kata Sularto.

" Saya mewakili masyarakat desa menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak telah memberi support terhadap pembangunan desa ini," pungkasnya.

Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementrian Desa Wilayah Natar, Januar Sam Putra Panggar mengatakan, seluruh pekerjaan ditahap pertama desa Banjarejo dilakukan monitoring dan Alhamdulillah hasilnya sesuai dengan laporan SPJ desa tersebut.

" Hari ini kami cek dua kegiatan, pertama  pembangunan jalan sabes program ketahanan pangan (jalan usaha tani) dan pengadaan sapi dengan program yang sama," kata Januar.

Sekitar dua bulan yang lalu pihaknya juga melakukan pengecekan, dua pembangunan rumah tidak layak huni di desa tersebut.

Sumber: