SMA Negeri 1 Ketapang Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka, Usung Tema “Kebhinekaan Global dan Kearifan Lokal”

SMA Negeri 1 Ketapang Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka, Usung Tema “Kebhinekaan Global dan Kearifan Lokal”

--

KETAPANG, RADARLASMEL.DISWAY.ID – SMA Negeri 1 Ketapang menggelar karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu mengusung tema “Kebhinekaan Global dan Kearifan Lokal”.

Pada puncak acara atau istilah dalam P5 “panen raya” itu menampilkan seluruh karya para siswa-siswi dari kelas 10 sampai 12.

Puncak acara di gelar dihalaman sekolah SMA Negeri 1 Ketapang dibuka langsung Kepala SMA Negeri 1 Ketapang Dra. Emy Kristianti dan berlangsung khidmat serta meriah dengan berbagai tampilan kesenian dan adat budaya Nusantara.

BACA JUGA:Bawaslu Lamsel Mulai Sosialisasi Tahapan Rekrutmen Pengawas TPS

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun program kurikulum merdeka itu di hadiri pengurus Komite SMA Negeri 1 Ketapang.

Untuk diketahui, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan program dalam kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Puncak kegiatan P5 itu, para pelajar dibimbing para dewan guru juga mendirikan stand-stand pameran kuliner buah karya para pelajar dengan menyajikan makanan local tradisional dengan bumbu ciri khas nusantara.

Stand pameran kuliner cukup mengundang perhatian pengunjung terutama dewan guru, komite dan para pelajar. Tidak perlu lama, sajian kuliner yang ada di enam stand langsung ludes terjual.

Tidak hanya itu, pada gelaran Karya P5 itu juga dilaksanakan pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS periode 2024-2025.

Pada pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Ketapang di ikuti tiga pasang calon. Yakni, calon nomor urut 1: Alan Pasla Dewantara-Siti Nur Indah Istikhomah. Pasangan nomor urut 2: Aida Novela – Bunga Surya Samudra dan pasangan nomor urut 3: Faisal Anwar – Muhammad Ridwan.

Sebelum hari pemungutan suara, para pasangan diberikan kesempatan untuk memaparkan visi-misi kepada pelajar dilingkungan SMA Negeri 1 Ketapang.

Kepala SMA Negeri 1 Ketapang Dra. Emy Kristianti mengatakan, gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah program kurikulum merdeka. 

Sumber: