BMKG Lampung Utara Bicara Tentang Mitigasi Bencana di Hadapan Siswa SMA Negeri 1 Kalianda

BMKG Lampung Utara Bicara Tentang Mitigasi Bencana di Hadapan Siswa SMA Negeri 1 Kalianda

Kepala SMA Negeri 1 Kalianda, Darmiyati, M.Pd berfoto bersama perwakilan BMKG Lampung Utara di program BMKG Goes to School.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Siswa-siswi SMA Negeri 1 Kalianda mendapatkan pelajaran berharga ketika menerima kunjungan BMKG Lampung Utara dalam program BMKG Goes to School. Tujuan lembaga pemerintah non departemen itu untuk memberikan edukasi kepada siswa.

Lampung Selatan sendiri dipilih karena faktor topografi wilayah yang rentan akan bencana alam. Dalam kesempatan itu juga disampaikan oleh BMKG tentang megatrush yang berpotensi terjadi tsunami besar, dan seperti apa prosesnya. Proses mitigasinya juga turut dibahas.

"Anak-anak yang diedukasi mendapatkan ilmu dan keterampilan. Kelak mereka akan tahu hal apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana," ujar Kepala SMA Negeri 1 Kalianda, Darmiyati, M.Pd kepada Radar, 12 September 2024.

Melalui program itu, siswa diharapkan mampu menjadi piloting bagi keluarganya, dan masyarakat untuk memberikan edukasi seperti ini di lingkungannya. Lalu bagaimana potensi-potensi bencana yang akan terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, dan seperti apa persiapan yang harus dilakukan.

BACA JUGA:BPD Desa Bukit Baling Muaro Jambi Kunjungi Kecamatan Natar Untuk Studi Tiru Ketahanan Pangan Hewani

"Kami turut senang, BMKG juga mensosialisasikan sekolah tinggi di bidang BMKG. Kategorinya sekolah kedinasan, artinya semuanya dibiayai oleh pemerintah," katanya.

BMKG Lampung Utara datang ke SMA Negeri 1 Kalianda diwakili oleh Agung Priyadi, Ade, dan Budiman. Darmiyati mengatakan pihaknya sangat antusias mengikuti kegiatan BMKG Goes to School. Menurut dia, ada banyak yang bisa diambil dari kegiatan itu karena penjelasannya sangat mendetail.

"Edukasi yang begitu baik, memberikan banyak pemahaman soal hal-hal yang sebaiknya dan yang harus dilakukan dalam menetapkan mitigasi bencana di wilayah kita," katanya. (*)

Sumber: