Usai Makan Siang Dengan Presiden Jokowi, Tiga Calon Presiden Sampaikan Ini!

Usai Makan Siang Dengan Presiden Jokowi, Tiga Calon Presiden Sampaikan Ini!

Presiden Joko Widodo santap siang bersama tiga calon presiden yang akan berpartisipasi pada pemilihan presiden 2024, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 30 Oktober 2023. Foto: BPMI Setpres--

Presiden Joko Widodo makan siang bersama tiga calon Presiden peserta Pilpres 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Presiden Jokowi dan ketiganya makan siang di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 30 Oktober 2023.

dilansir Presidenri.go.id, Suasana hangat dan bersahabat terjalin dalam pertemuan para tokoh ini. Sebelum bertemu Presiden Jokowi, ketiga calon presiden itu terlihat berbincang di ruang tunggu Istana Merdeka.

Ketiganya tampil kompak dalam balutan batik berlengan panjang.Tak lama kemudian, ketiga orang tersebut berjabat tangan dengan Presiden Jokowi dan mempersilakan mereka masuk ke ruang makan.

Mereka berempat kemudian duduk melingkar di depan meja bundar yang menyajikan berbagai menu.

Beberapa menu yang disajikan antara lain nasi putih, soto lamongan, ayam, daging sapi lada hitam, dan bebek panggang. Ada juga cumi goreng, udang goreng telur asin, daging sapi, serta minuman jus jeruk.

Diselingi perbincangan silaturahmi, suasana makan siang Presiden Jokowi bersama ketiga calon presiden berlangsung hangat.

Usai makan siang, Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan makan siang tersebut.

"Sebelumnya kami hanya diajak Presiden untuk makan dan lumayan makannya. Ada soto, lontong, cumi, sayur-sayuran, lumayan enak jadi suasana kami juga bersahabat. Dan kami juga mengucapkan terima kasih karena Jika kita tidak diundang, jarang bisa bertemu,” kata Prabowo kepada awak media.

Lebih lanjut, Anies Baswedan menyampaikan harapan masyarakat agar pemerintah menjaga netralitas pada pemilu presiden mendatang.

Menurut Anies, Presiden Jokowi juga menginformasikan kepada pimpinan daerah dan TNI-Polri mengenai sikap netral tersebut.

“Tadi beliau mengatakan sebenarnya sedang mengumpulkan gubernur, para bupati, bahkan beliau akan mengumpulkan TNI, Polri, dan seluruh aparatur untuk tetap netral dan kami melihat ini adalah pesan penting yang dapat menjamin presiden kita pemilu besok berlangsung aman dan damai, karena semua penyelenggara sudah menunjukkan loyalitasnya.

“Jadi ini salah satu yang kami sampaikan ke beliau dan beliau menyambut positif sehingga diskusi kami berjalan dengan baik,” jelas Anies.

Begitu pula yang diyakini Ganjar Pranowo bahwa Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia juga meminta semua pihak bekerja sama untuk memastikan pemilu berlangsung dengan baik, damai, dan adil.

Sumber: