Desa Wai Sari Kembali Bangun Jalan Rabat Beton, Camat : Jalan Desa Bagus Tingkatan Ekonomi Warga

Desa Wai Sari Kembali Bangun Jalan Rabat Beton, Camat : Jalan Desa Bagus Tingkatan Ekonomi Warga

Camat Natar meninjau pembangunan infrastruktur jalan desa di desa Wai Sari: -- radarlamseldisway.id ----

RADARLAMSEL.COM -- Ditahap akhir pencairan Dana Desa (DD) tahun 2023, sebagian desa masih fokus melakukan pembanguan infrastruktur demi terwujudnya desa maju serta memaksimalkan penggunaan dana dari pemerintah pusat sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat luas.

Salah satu desa yang tengah melakukan pembanguan infrastruktur yaitu Desa Wai Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (1/11/2023).

Ditahap akhir pencairan DD tahun ini, desa tersebut kembali membangun jalan rabat beton di dusun III Bangun Sari. panjang jalan yang dibangun 85 Meter, dengan anggara Rp 55 Juta.

Camat Natar Supi'ah, S.Ag, M.Si, bersama Tenaga Pendamping Profesional Kementerian Desa wilayah Natar hadir secara langsung melihat pembanguan infrastruktur menggunakan anggaran dari APBN itu.

Camat dalam kesempatan itu mengatakan, di tahun ini beberapa titik jalan telah dibangun oleh pemerintah desa Wai Sari termasuk yang dilakukan diawal bulan November hari ini.

Kebijakan yang diambil pemerintah desa Wai Sari kata camat, sangat pasa bagai mana caranya supaya semua dusun di desa ini merasakan pembanguan dengan begitu pemerintah membagi menjadi beberapa titik pembangunan.

" biar pun jalan yang dibangun pendek yang terpenting berkualitas bagus, merata, semua warganya juga merasakan hasil pembangunan di setiap tahunya," ungkap Supi'ah.

di tahun mendatang dilanjutkan kembali pembangunannya supaya rampung dari ujung sampai ujung gang, jadi semua warga juga merasakan manfaat dari dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat tersebut.

" jalan desa bagus tingkatkan ekonomi warganya," ujar camat.

Camat berharap kepada semua desa di wilayah kerjanya untuk bahu-membahu menjaga hasil pembangunan dari DD, karena dana tersebut merupakan amanah yang harus betul-betul dijalankan supaya desa maju.

" supaya jalanya bermanfaat untuk jangka yang panjang dibuatkan siring supaya saat musim hujan air tidak menggenangi jalan, jangan diperbolehkan mobil tonase lebih melintas," ujar camat Natar.

di tempat yang sama kepala desa Wai Sari Antoni mengatakan, sebelum dilakukan pembangunan infrastruktur di desanya terlebih dahulu pihaknya melakukan musyawarah dusun (Musdus), hasil musyawarah itu dibawa ke Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes).

" hasil Musrembangdes itu baru kita realisasikan setelah anggaran dicairkan. Kami tetap mengedepankan sekala prioritas mana yang betul-betul harus didahulukan pengerjaanya. Intinya kami akan semaksimal mungkin setiap tahun ada infrastruktur yang dibangun di setiap dusun," kata Antoni.

Selain pembangunan infrastruktur lanjut Antoni, hari ini juga pihaknya merealisasikan program ketahanan pangan yang diamanahkan pemerintah pusat.

Sumber: