DIF Kemiskinan Ekstrem 6,8 Miliar Segera Cair

DIF Kemiskinan Ekstrem 6,8 Miliar Segera Cair

Ilustrasi Gambar--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan dijadwalkan menerima secara simbolis Dana Insentif Fisikal (DIF) kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem Tahun 2023 dari pemerintah pusat paada, Kamis (9/11/2023) besok.

Rencananya, DIF Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023 ini akan diterima langsung oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Seperti diketahui, pada tahun ini Pemkab Lamsel mendapatkan Dana Insentif Fisikal (DIF) yang jumlahnya mencapai Rp18,5 miliar. Hal ini berdasarkan keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 350 tahun 2023 tentang rincian insentif fiskal kinerja tahun berjalan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat pada tahun anggaran 2023 menurut provinsi/kabupaten/kota. 

“Yang akan diterima besok itu khusus kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem sebesar Rp6,898 miliar. Rencananya Pak Bupati langsung yang akan hadir untuk menerima DIF ini,” ungkap Kepala Bappeda Lamsel, Aryan Saruhian kepada Radar Lamsel, Selasa (7/11/2023).

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur dan SDM Masih Prioritas

Dia menerangkan, DIF yang diterima Pemkab Lamsel merupakan dana bersumber dari APBN. Dana tersebut diberikan kepada daerah berdasarkan 3 kriteria yakni kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstreme, kategori kinerja penurunan stunting dan kategori kinerja peningkatan belanja daerah.

“Insentif fiskal untuk penghargaan kinerja tahun berjalan yang memiliki kinerja baik dalam kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat kategori penurunan kemiskinan ekstrem. Dua kategori lainnya yaitu kategori kinerja penurunan stunting sebesar Rp5,743 miliar dan untuk kategori kinerja peningkatan belanja daerah yang mencapai Rp5,888 miliar," terangnya. 

Dia berharap, dana tersebut dapat mendukung percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrim di Lampung Selatan yang kini tinggal 2,4 persen. Serta percepatan penurunan stunting yang tinggal 9,9 persen.

“Kedua isu tersebut memang menjadi prioritas sasaran pembangunan yang dicanangkan Bapak Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto," pungkasnya. (idh)

Sumber: