Suport PWI Cetak Wartawan Kompeten, Terimakasih BUMN

Suport PWI Cetak Wartawan Kompeten, Terimakasih BUMN

--

Yang paling mengejutkan adalah penguji di kelas kami. Dia adalah DR. H. Firdaus Komar, S.Pd, M.Si. Yang membuat kami semakin tegang adalah sosok beliau, Beliau adalah Direktur Lembaga Uji Kompetensi Warawan (UKW) PWU pusat. Sebelumnya, ia menjabat ssebagai Ketua PWI Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2019-2024.

Pagi itu, ujian pertama langsung di buka dengan materi pertama yaitu Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Penguji memberikan waktu sekitar 30 menit. Setelah materi pertama selesai, penguji melanjutkan ujian materi kedua yakni ujian membuat tulisan features. Penguji memberi waktu sekitar satu jam. Usai ujian kedua, panitia baru melaksanakan acara seremonial pembukaan UKW angkatan ke-32 PWI Provinsi Lampung yang digelar PWI pusat bekerjasama dengan BUMN.

Sejumlah pejabat tinggi di Provinsi Lampung hadir. Bahkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara resmi UKW yang di gelar PWI pusat bekerjasama dengan BUMN di hotel Emersia Bandarlampung.

Wartawan yang kompeten dari media pers merupakan mitra strategis untuk menyebarluaskan informasi mengenai program–program yang dijalankan Kementerian BUMN. Media juga memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan BUMN guna mendorong program pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Rustam Effendi, VP Komunikasi Korporat Pupuk Sriwidjaja yang mewakili PT Pupuk Indonesia (Persero) Holding Company, pada pembukaan UKW PWI kerja sama Kementerian BUMN yang digelar di Emersia Hotel dan Resort Bandarlampung, Rabu (10/1/2024).

UKW PWI Pusat-BUMN yang digelar di PWI Lampung dibantu oleh PT Telkom Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) Holding Company (PIHC), dan dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi serta Ketua Umum PWI Pusat yang diwakili oleh Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah. “Alhamdulillahirabbil’alamin, kita dapat mengikuti acara uji kompetensi wartawan (UKW) PWI bersama BUMN yang digelar di PWI Bandar Lampung,” ujar Rustam.

Rustam sangat mengapresiasi atas terselenggaranya UKW bagi wartawan di Lampung dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan serta membangun hubungan dan mutual understanding dengan para stakeholder. “Media merupakan mitra strategis untuk menyebarluaskan informasi mengenai program – program yang dijalankan BUMN. Media juga memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan BUMN dalam rangka mendukung program pemerintah,”paparnya.

Sekretaris Jenderal PWI pusat Sayid Iskandarsyah menjelaskan, UKW amanat dari Kementerian BUMN dan wujud gagasan Ketua Umum Hendry CH Bangun untuk menggelar UKW secara gratis di seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan bukan saja UKW, PWI pusat juga gencar melakukan literasi media, satgas anti-hoax dan menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI). 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada saat pembukaaan UKW sangat mengapresiasi pelaksaan UKW di Provinsi Lampung. Bahkan orang nomor satu di Lampung ini menjanjikan akan memberikan reward berupa fasilitas ibadah umrah bagi peserta UKW PWI - BUMN terbaik.

“Peran media dan PWI dalam kaitannya melaksanakan tugas sebagai pimpinan daerah. Agar wartawan melakukan tugas secara profesional dan tulisan yang dipublikasikan jangan sampai tidak sesuai dengan fakta apalagi sampai memberikan informasi yang memfitnah,”katanya.

Sementara Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah menyampaikan, sampai saat ini jumlah wartawan yang telah kompeten di  PWI Provinsi Lampung sebanyak 846 orang. Dari proses UKW yang telah dilakukan oleh PWI Lampung dari awal UKW digelar sampai saat ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada PWI Pusat dan BUMN yang telah membantu dan pelaksanaan UKW di PWI Lampung. Peserta yang mengikuti UKW PWI - BUMN dari peserta yang telah lolos berkas sebagai peserta,” ujarnya.

Usai pembukaan UKW secara seremonial selesai, ujian pun dilanjutkan. Satu persatu materi ujian pun kami lewati bersama dengan lancar. Setiap materi yang dijelas penguji cukup gambling dan mudah di mengerti. Bahkan penguji kami tidak hanya sekedar menguji tapi beliau memberikan motivasi bahwa soal-soal yang di kerjakan sangat mudah dikerjakan jika memang kita menjalankan profesi Pers sehari-hari.

Ujian hari pertama berjalan dengan baik dan kami menyelesaikan materi ujian 6 materi. Ujian dilanjutkan dihari kedua. Hari kedua menyisakan 4 materi. Hari kedua pun kami lalui dengan baik. Sampailah di penghujung ujian. Satu persatu kami di panggil untuk melihat dan menandatangani hasilnya. Disanalah rasa lega baru terasa setelah dua hari diselimuti rasa tegang. Rasa bahagia, suka cita dan senyum sumringah mulai terlihat setelah dinyatakan lulus dan berkompeten. Untuk mengabadikan moment tersebut, kami berenam langsung mengajak penguji kami untuk foto bersama. 

Atas keberhasilan itu, kami para peserta UKW angkatan ke-32 PWI Lampung mengucapkan terimakasih setinggi-tinggi kepada PWI pusat dan Kementerian BUMN yang telah menyeleggarakan UKW secara gratis. (*)

Sumber: