Suport PWI Cetak Wartawan Kompeten, Terimakasih BUMN

Suport PWI Cetak Wartawan Kompeten, Terimakasih BUMN

--

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme para jurnalis. Karena dalam melaksanakan tugasnya, wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai. Untuk itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat bekerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar UKW secara gratis bagi wartawan di Provinsi Lampung. Seperti apa pelaksanaan dan keseruan para peserta, berikut laporannya.

 

Laporan Nyoman Subagio, Lampung

 

Kabar baik diumumkan PWI Provinsi Lampung keseluruh pengurus yang ada di PWI kabupaten/kota menjelang akhir tahun 2023. Kabar baik itu adalah akan digelarnya UKW angkatan ke-32 pada awal tahun 2024. Kabar baik itu langsung disambut suka cita oleh para jurnalis di Provinsi Lampung termasuk di Kabupaten Lampung Selatan.

Apalagi informasi yang beredar, UKW yang digelar PWI pusat itu dilaksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis. Sejumlah wartawan yang sudah menanti adanya UKW itu langsung mempersiapkaan sejumlah berkas yang di butuhkan sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian bergengsi itu.

Termasuk saya. Mendapat kabar itu, saya langsung menyiapkan sejumlah berkas yang disyaratkan untuk mengikuti UKW angkatan ke-32 PWI Provinsi Lampung. Saya tidak mau melewatkan kesempatan yang baik itu. Saya mengikuti UKW tingkat Madya karena sebelumnya saya sudah dinyatakan wartawan kompeten tingkat muda pada tahun 2012. Pada saat itu, saya di nobatkan wartawan lulusan terbaik pada UKW tingkat Muda angkatan ke-2 di PWI Provinsi Lampung.

Tidak butuh lama untuk melengkapi berkas yang diminta sebagai persyaratan mengikuti UKW angkatan ke 32 PWI Provinsi Lampung. Tidak sampai satu minggu, berkas saya sudah dinyatakan lengkap oleh panitia UKW angkatan ke 32 PWI Provinsi Lampung. Menjelang akhir tahun 2023, panitia mengumumkan pelaksanaan UKW yang diselenggarakan PWI pusat bekerjasama dengan Kementerian BUMN pada 10-11 Januari 2024. UKW angkatan ke-32 PWI Provinsi Lampung digelar di Hotel Emersia Bandar Lampung selama dua hari yakni Rabu-Kamis (10-11/1/2024). Total peserta 38 orang. Terdiri dari 4 kelas Wartawan Muda dan 2 kelas jenjang Wartawan Madya.

Sehari sebelum pelaksanaan UKW, Selasa (9/1/2024), seluruh peserta mengikuti Pra-UKW secara online dengan PWI Pusat. UKW gratis bekerjasama dengan Kementerian BUMN  ini merupakan salah satu program kerja unggulan Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun (HCB). Hendry Ch Bangun menjelaskan program UWK gratis ini terselenggara atas dukungan penuh Kementerian BUMN yang telah berlangsung sejak akhir tahun 2023 lalu. 

Program UKW PWI-BUMN ini dilaunching pada 28 Desember 2023 serentak di tiga daerah: Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Aceh. Lalu dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia, termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

BACA JUGA:Puskesmas Merbau Mataram Lakukan Kegiatan fisioterapi Remaja, Pemeriksaan Gerak dan Fungsi Tubuh 

Hari yang penuh menegangkan itu pun tiba. Wartawan dari berbagai daerah di Provinsi Lampung berkumpul di Hotel Emersia Bandarlampung sejak pukul 07.00 WIB, Rabu (10/1/2024). Panitia UKW meminta para peserta memasuki ruangan yang telah disiapkan. Seluruh peserta didata dan mengisi absen yang telah disediakan panitia.

Perasaan saya pun mulai tegang. Betapa tidak. UKW ini merupakan ujian dan tantangan yang sangat luar biasa. Rasa tegang itu bukan tidak beralasan. Saya khawatir dan takut dinyatakan tidak kompeten dari hasil uji yang dilaksanakan tim penguji dari PWI pusat. 

Setelah memasuki ruangan, para peserta menempati tempat duduk yang telah di sediakan. Sebelumnya, saya memperkirakan pelaksanaan UKW akan di buka secara seremoni oleh PWI. Namun cukup mengejutkan. Panitia langsung membagi kelas untuk tingkat muda dan tingkat madya. Dalam satu kelas terdapat enam orang. Di kelas saya, tergabung wartawan dari berbagai daerah. Yakni, Hanibal Batman wartawan Radar Tanggamus, Agustiawan wartawan KIPRAH.co.id, Joko Sulistyo Harian Momentum, Rozi Ardiansyah wartawan Warta9.com dan Idho Mai Saputra wartawan satu kantor dengan saya di Radar Lamsel.

Sumber: