Damkar Lamsel Asah Skill Water Rescue

Damkar Lamsel Asah Skill Water Rescue

Ist. Radar Lamsel - Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, M. Sefri Masdian, menyematkan tanda peserta saat pelatihan water rescue di Pantai Kalianda Beach, Kalianda, Rabu (6/3/2024).--

KALIANDA, RADAR LAMSEL.DISWAY.ID - Skill atau kemampuan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan terus diasah. Salah satunya, dengan menggelar pelatihan water rescue di Pantai Kalianda Beach, Kalianda, Rabu (6/3/2024). 

Kegiatan tersebut, selain diikuti oleh anggota Dinas Damkar dan Penyelamatan juga diikuti oleh perugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, M. Sefri Masdia, yang ditandai dengan penyematan tanda pelatihan water rescue. 

Dalam penyampaiannya, Sefri Masdian menjelaskan, dalam pelatihan water rescue ini para peserta akan diajarkan teknik-teknik menolong korban saat terjadi bencana. Sehingga diharapkan, dalam pelaksanaanya ketika terjadi bencana atau operasi SAR, pihak terkait dapat bersinergi bersama-sama untuk melakukan pertolongan.

“Bukan hanya water rescue, kita juga sudah melaksanakan pelatihan vertical rescue. Kita juga harus memahami bahwa bencana itu bukan hanya di darat, tapi di air juga," ujar Sefri.

Dia menegaskan, pelatihan ini digelar mengingat seringnya terjadi bencana alam yang memakan korban di musim penghujan ini. Menurtnya, Sefri penting sekali ilmu dan kemampuan yang harus dimiliki oleh tim penyelamatan.

"Untuk menyelamatkan korban, modal keberanian saja tidak cukup. Pernah kita mendengar, terjadi musibah orang tenggelam, yang mencoba menyelamatkan, ikut juga menjadi korban. Jadi, dalam menolong korban, keberanian harus di iringi kemampuan atau teknik penyelamatan, selain juga peralatan penyelamatan yang standar," tegasnya.

Lebih lanjut Sefri meminta, agar para peserta bisa memanfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik mungkin. "Kami berharap, semua teman-teman yang melakukan pelatihan tolong ikuti secara serius. Karena ini sangat bermanfaat, bekal kita dalam pelaksanaan tugas," pungkasnya. (idh)

Sumber: