Pesona Bonsai Kalisari Natar, Pameran dan Kontes Bonsai Lokal Dibuka Selama 3 Hari

Pesona Bonsai Kalisari Natar, Pameran dan Kontes Bonsai Lokal Dibuka Selama 3 Hari

Pesona Bonsai Kalisari Natar, Pameran dan Kontes Bonsai Lokal Dibuka Selama 3 Hari. Febi Herumanika Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Kontes Bonsai Lokal yang dihelat di lapangan bola dusun Banjarsari belakang SDN 1 Kali Sari, desa Kali Sari, kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan telah dibuka. Para pencinta tanaman hias (bonsai) Lampung silahkan mendaftarkan diri untuk ikut serta meramaikan acara bertema Pesona Bonsai Kalisari.

Pameran dan kontes bonsai tersebut terbuka untuk umum terutama untuk seluruh masyarakat yang ada di provinsi Lampung dan sekitarnya.

" Penerima tanaman bonsai dilaksanakan selama dua hari, dari kemari tanggal 25 hingga 26 Juli 2024 hari ini sampai malam nanti," ujar Sutarman selaku ketua pelaksana Pesona Bonsai Kalisari.

Kemudian, kata Sutarman, pada 27 Juli 2024 steril lokasi pameran atau kontes, hanya juri yang diperbolehkan masuk diarena kontes atau pameran bonsai.

" Kebetulan kita menngundang juri dari Nasional, tanggal 28 hari Minggu kita sudah menentukan pohon-pohon mana yang terbaik," ujar Sutarman.

Di Event ini lanjut dia, ada dua bestten dan dua kelas, bestten itu 10 terbaik dari klas prospek dan 10 dari kelas jadi.

" Artinya akan ada 20 pohon bonsai dipilih mendapat predikat terbaik masing-masing kelas." Jelasnya.

Selanjutnya dari masing-masing kelas akan dipilih tiga terbaik masing-masing. " Artinya akan ada 6 pohon dari dua kategori tadi yang dipilih terbaik," ucap Sutarman.

Kemudian akan dipilih satu bonsai terbaik di kelasnya masing-masing. selanjutnya dipilih satu saja yang terbaik dari seluruh kelas yang ada di perlombaan tersebut.

" Ini kan event disuport langsung oleh Kepala Desa Kalisari dengan begitu kepala desa nanti akan memilih bonsai terbaik menurut kepala desa tanpa ada campur tangan mana pun termasuk juri dalam perlombaan, pak lurah bebas memilih mana yang terbaik menurut beliau," jelasnya.

Kepala Desa Kalisari, Sutikno mengajak seluruh pencinta tanaman hias bonsai untuk datang ikut kontes dan pameran bonsai yang bertempatan di desanya.

" Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia penyelenggara masyarakat desa Kalisari yang terus mensupport setiap kegiatan positif di desa kami. Semoga kedepan acara seperti ini terus diselenggarakan di desa kami itu harapannya," pungkas Sutikno.

 

 

Sumber: