Sosialisasi Pilkada, Ketua Bawaslu Lamsel Ajak Insan Pers Berkolaborasi

Sosialisasi Pilkada, Ketua Bawaslu Lamsel Ajak Insan Pers Berkolaborasi

--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) tinggal menunggu waktu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan pun langsung tancap gas menggelar sosialisasi pemilihan gubernur/wakil gubernur, dan bupati/wakil bupati tahun 2024.

Sosialisasi yang digelar di salah satu cafe di Kecamatan Kalianda pada Selasa, 11 Juni 2024, itu Bawaslu turut menggandeng awak media. Termasuk narasumber dari KPU Kabupaten Lampung Selatan, yang diwakili Hendra Apriansyah, dan Kasi Pidum Kejari Lamsel, Gunawan Wibisono.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Wazzaki, mengatakan bahwa peran insan pers dalam pilkada mendatang sangat krusial. Misalnya, lanjut Wazzaki, media bisa membantu mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggatan dalam tahapan pilkada.

"Informasi seputar pelanggaran dan kecurangan banyak bersumber dari pemberitaan," katanya.

BACA JUGA:Selain Bedah Rumah, Bangun Jalan Usaha Tani Desa Bandarejo Salurkan 3 Ekor Sapi dan Bagikan BLT DD 14 KPM

Wazzaki mengakui kalau pihaknya memiliki keterbatasan. Atas dasar inilah Bawaslu mengajak insan media di Kabupaten Lampung Selatan untuk bersama-sama mengawasi, serta menjaga tahapan pilkada supaya bisa sekondusif mungkin.

"Penangan pelanggaran Pilkada hanya berdurasi 3 plus 2, atau 5 hari. Penanganannya lebih cepat dan singkat," kata Wazzaki.

Komisioner KPU kabupaten Lampung Selatan, Hendra Apriansyah, menyebut pihaknya dalam waktu dekat bakal melakukan rekrutmen petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Mengingat pendaftaran para calon bupati/wakil bupati tinggal hitungan bulan.

"Akhir bulan Agustus, lalu penetapannya di bulan September. Setelah itu, para calon ini bisa melakukan kampanye," kata Hendra.

Sama seperti Wazzaki, Hendra juga berharap insan pers di Kabupaten Lampung Selatan bisa bersinergi dengan Bawaslu dan juga KPU dalam mengawal serta menjaga pilkada yang aman, sejuk, dan damai. Hendra berharap media bisa membantu dalam pemberitaan, dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Posisi teman-teman media ini sangat penting, bisa saya bilang krusial. Terus terang, kami tidak bisa apa-apa teman-teman media," katanya. (rnd)

Sumber: