BPBD Imbau Masyarakat, Waspadai Bencana Klimatologi

BPBD Imbau Masyarakat, Waspadai Bencana Klimatologi

Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Heri Bastian, S.Sos --

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap bencana. Imbauan itu disampaikan mengingat hujan yang mengguyur pada Senin, 10 Juli 2023, berlangsung lumayan lama meskipun tak terlalu deras.

"Imbauan disampaikan melalui operator BPBD yang bertugas di kecamatan," ujar Kalak BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Heri Bastian, S.Sos saat dihubungi Radar Lamsel.

Heri menjelaskan operator di kecamatan bertugas untuk memantau, sekaligus memberikan informasi kepada Pusdalops (pusat pengendalian operasi) BPBD. Operator, lanjut Heri, juga dibekali dengan peralatan pertolongan untuk mengantisipasi bencana yang akan datang.

"Setelah informasinya diterima Pusdalops, mereka akan dibantu oleh TRC (Tim Reaksi Cepat) yang langsung ke lapangan," katanya.

BACA JUGA:Ops Patuh Krakatau Berlangsung 14 Hari

Heri mengamini bahwa hujan yang turun di hari itu memang mengkhawatirkan. Walaupun hujannya tidak deras, tetapi berangsur-angsur. Sementara ini, lanjut Heri, dirinya belum menerima informasi dari operator bahwa ada wilayah yang terserang bencana seperti banjir atau longsor.

Walau demikian, dia meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Masyarakat disarankan sesekali mengecek titik atau tempat yang bisa menjadi pemicu penyumbatan air. Terlebih bagi desa-desa yang rawan terhadap bencana.

"Kami siaga, dan masyarakat juga waspada. Langsung hubungi call center apabila membutuhkan bantuan kami," katanya. (rnd)

Sumber: