Hujan Mulai Rintik, TRC Siap Berkutik

Hujan Mulai Rintik, TRC Siap Berkutik

--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Antisipasi ancaman bencana jelang musim penghujan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan. Pihaknya, tengah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menghadapi musim penghujan yang diprediksi terjadi dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lamsel, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya bakal menggelar pelatihan bagi TRC pada 7 November, mendatang. Pelatihan itu akan melibatkan TNI, Polri dan Basarnas.

“Pelatihan TRC ini dilakukan untuk menghadapi musim penghujan yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan bencana alam. Jadi, ketika musim penghujan tiba, kami sudah siap personil maupun peralatan nya,” ujar Lukman saat dikonfirmasi, Kamis (2/11/2023).

Dia menambahkan, untuk personil BPBD Lamsel yang disiapkan ada 35 orang dan peralatan seperti perahu ada 6 meliputi perahu fiber 4 unit, perahu karet 2 unit dan 6 kendaraan operasional. Serta, peralatan penyelamatan misalnya karmantel, helm, sefty harnes dan pelampung.

BACA JUGA:Orderan Beton Belum Dibayar, Jalan Terancam Dibongkar

"Jadi, selain personil kami juga siapkan peralatanya seperti perahu untuk mengevakausi masyarakat yang terkena bencana banjir," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihak Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD akan menyebarluaskan informasi peringatan dini cuaca dari BMKG ke operator Pusdalops di kecamatan dan desa. Ini dilakukan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana yang berpotensi menimbulkan bencana Hidrometeorologi seperti hujan deras di sertai angin kencang dan sambaran petir yang berpotensi terjadinya bencana banjir, longsor, angin puting beliung dan sambaran petir.

“Oleh sebab itu, kami himbau kepada masyarakat Lampung Selatan untuk selalu waspada menghadapi musim penghujan. Apalagi, hujan deras dapat menimbulkan bencana hidrometerologi," pungkasnya. (idh)

Sumber: